...::: :::: Welcome to My Website :::: :::...


Profile Daeng Ridwan



Nama : Ridwan
Tempat / Tanggal Lahir : Tator, 30 Juni 1977
Agama : Islam
Jenis Kelamin : Laki - laki
Status : Belum Menikah
Kewaraganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. Ahmad Yani No. 191,
Kelurahan Wattang,
Kec. Polewali, Kab.
Polman, Prov. Sulawesi Barat
Kode Pos 91311
Nomor telpon / HP : 081225197400
Email / Friendster : oi_daengridwan_sepedaontel@yahoo.co.id
Facebook : oi_oemar_bakri@yahoo.com

Rabu, 15 Juli 2009

..:: Awal Perjalanan ::..

Hanya Berbekal uang Rp. 2.000, baju 4 lembar, celana panjang 2 potong, jaket 2 lembar, sandal, dan sepatu, pres ban manual. Ridwan, seorang pria asal Polewali, meninggalkan rumah orang tuanya untuk memulai touring panjangnya mengelilingi nusantara. Ia mengendarai sebuah sepeda kumbang, miliknya, sejak 21 november 2004.
Keinginan ridwan ini telah tumbuh sejak tahun 1999, Obsesinya ingin cari pengalaman. “tidak ada yang suruh, saya mau sendiri cari pengalaman. Tadi hanya bawa uang Rp. 2.000 dari rumah,” ungkapnya.
Ridwan memulai perjalanan awal dengan tujuan kota Mamasa, dua hari satu malam dan menginap di kantor polisi. Kembali lagi ke Polewali lalu menuju ke Makassar meliputi Jeneponto, Bulukumba, Selayar, Bone, Sinjai, Sengkang, Sidrap, Enrekang, Tator, Palopo. Lamanya perjalanan satu bulan.
Kendari, Sulawesi tenggara, Ridwan lelaki berumur 28 tahun ini sempat mampir ke kantor redaksi Kendari pos. Ia menceritakan perjalanan selama mengelilingi pulau sulawesi ini dengan penuh suka. Ridwan mengaku meminta makan pada orang-orang yang disinggahinya. Dengan modal sebuah surat jalan dari lurah tempat tingalnya, Ridwan mendapat simpati dari masyarakat. Sehingga banyak yang mendukung kegiatannya dengan memberi makanan atau uang. Dengan hasil pemberian uang dari masyarakat akhirnya Ridwan dapat membeli Handphone tipe 3315 seharga 400 ribu, untuk komunikasi dengan keluarganya.

Setelah tiga bulan perjalanan sampai di Palu, Sulawesi Tengah. Ridwan sempat mampir di kantor Radar Sulteng menceritakan pengalamannya selama diperjalanan. Lalu melanjutkan perjalanan ke Bolamangondong, disana susah untuk mencari tempat istirahat karena masyarakat tidak ada yang mau menerima karena takut, sampai pukul 4 pagi dan akhirnya menginap di kantor polisi.
Setelah sampai di Gorontalo dan melanjutkan perjalanannya lagi. Sudah 4,5 bulan lamanya lelaki yang bernama Ridwan mengelilingi Sulawesi. Dengan mengandalkan sepeda yang diracik khusus.
Setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh, Musafir asli Tanah Toraja itu mampir ke markasnya Torang pe Koran, Manado Post di Jalan Babe Palar no. 54 Rike Manado. Penampilannya agak urakan, Kulitnya pun agak hitam , karena berbulan-bulan Ridwan dengan sepeda Kumbangnya, tanpa memperdulikan panas terik matahari yang membakar tubuhnya, terus melakukan perjalanan hingga akhirnya tiba di Manado, kota di ujung Utara Pulau Sulawesi ini.
“Kadang kali juga biar hujan saya tidak berteduh, tetapi terus memedal sepeda saya ini,” ungkap Ridwan kepada wartawan Koran itu. Dan di manado mengalami kendala pertama kalinya yaitu kampas rem habis, setelah diperbaiki lalu melanjutkan perjalanan menuju Ternate dengan menggunakan kapal Ferry. Ridwan, mengerti hukum dan peraturan yang ada, dimana setiap kakinya akan melangkah dari satu daerah ke daerah lain, ia selalu mengurus rekomendasi perjalanan dari daerah setempat.
Setelah melewati enam provinsi akhirnya Ridwan memantapkan tekadnya lagi untuk keliling Indonesia, walaupun sempat ragu di awal perjalanannya. Semua itu atas dukungan dari masyarakat dan pemerintahan di setiap daerah yang di singgahinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar